Kategori
Society

Sungai Ini Jadi Percontohan Bagi Masyarakat 

Bebas Sampah dan Banjir, Sungai Ini Jadi Percontohan Bagi Masyarakat

Sungai Ini Jadi Percontohan Bagi Masyarakat – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan normalisasi Sungai Bendung untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi.

Keberadaan sungai di tengah kota sejatinya bisa menambah eksotisme wajah kota. Sungai yang bersih, sehat, dan bebas dari sampah pada akhirnya akan memberikan dampak positif. Bagi kelestarian lingkungan sekitar dan membawa perbaikan kualitas hidup masyarakat.

Bank BRI melalui program “BRI Bersih-Bersih Kali” telah mendorong perubahan cara pandang masyarakat Kota Palembang perihal fungsi dan peran sungai dalam kehidupan. Aliran sungai yang bersih dan tertata tidak hanya memperkecil potensi terjadinya banjir saat hujan, tetapi juga mampu Daftar Live22 memberikan dampak sosial dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Persoalan sampah terus meningkat seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat kota hingga akhirnya masyarakat memilih membuang sampah ke sungai. Melalui program BRI Bersih-Bersih Kali kami tidak hanya menata dan memperbaiki sungai menjadi asri dan lestari, tapi juga memberikan edukasi lingkungan sehat serta memberi solusi. Dalam mengatasi persoalan sampah dan menggerakan ekonomi masyarakat,” ujar Direktur Utama Bank BRI Sunarso dalam keterangan resminya, Senin.

Berikan edukasi lingkungan sehat dengan pengelolaan sampah

Dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ‘Bersih-bersih di Sungai Bendung’, Bank BRI bekerja sama dengan Dinas PUPR dan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Kota Palembang. Edukasi lingkungan sehat juga didukung dengan komitmen dan kepedulian Bank BRI terhadap pengelolaan. Sampah bagi masyarakat setempat dengan menyalurkan masing-masing satu unit mesin pencacah sampah organik dan mesin pencacah sampah. Non-organik yang sepenuhnya dikelola Komunitas Masyarakat Peduli Sampah.

Sampah organik, seperti kulit pisang, eceng gondok, dan daun-daun, dikumpulkan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai untuk selanjutnya dicacah. Setelah dicacah, sampah organik dikeringkan di bak pengeringan dan menjadi pupuk/kompos yang selanjutnya dimasukkan di kantong plastik 5 kg untuk dijual ke warga.

Sungai Bendung jadi sungai percontohan yang bersih dan bebas banjir

Sungai Bendung yang terletak di Jln Veteran Kelurahan 9 Ilir, Kota Palembang, saat ini menjadi salah satu sungai percontohan di tengah kota yang bersih dari sampah dan bebas banjir. Perubahan perilaku masyarakat sekitar yang tidak lagi membuang sampah ke sungai menjadi tolok ukur dan percontohan. Bagi masyarakat Palembang baik dalam hal menjaga kebersihan sungai maupun pengelolaan sampah menjadi bernilai ekonomis.

Sejak November 2019, Bank BRI telah melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang 2 kilometer Sungai Bendung, Kota Palembang. Kondisi Sungai Bendung yang sebelumnya penuh sampah, dangkal, dan sering menyebabkan banjir, kini telah bersih dan tertata rapi. Persoalan banjir yang sering dialami masyarakat akibat penumpukan sampah di sungai kini telah teratasi.

Terdapat empat kegiatan utama yang dilakukan BRI di kawasan Sungai Bendung, Kota Palembang. Yaitu pembersihan dan penataan sungai, edukasi lingkungan sehat, pembangunan sarana dan prasarana di pinggir. Sungai serta pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui edukasi pengolahan sampah.

Sungai yang tertata menimbulkan daya tarik bagi masyarakat sekitar

Sementara itu, sampah-sampah anorganik, seperti botol plastik, kresek, dan kaleng minuman. Dikumpulkan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai untuk selanjutnya dimanfaatkan dengan dua cara, yaitu pengelolaan sampah menjadi barang bermanfaat, seperti tas, pernak pernik, bunga plastik dan. Selain itu, sampah anorganik juga bisa didaur ulang dengan mesin pencacah dan hasilnya dijual ke pengepul.

Program BRI Bersih-Bersih Kali yang dijalankan Bank BRI telah memberikan dampak bagi masyarakat Kota Palembang. Selain edukasi pengelolaan sampah, sungai yang rapi dan tertata menimbulkan daya tarik bagi masyarakat sekitar. Sarana dan prasarana yang dibangun di pinggiran sungai. Seperti taman bermain, spot swafoto, dan ruang terbuka, kini telah dimanfaatkan bersama oleh masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *