Kategori
Uncategorized

7 Fakta Blue Tansy Oil, Punya Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

7 Fakta Blue Tansy Oil, Punya Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

e5df35cf57704fdf5af5091dc9ee8ededaf3e77d - 7 Fakta Blue Tansy Oil, Punya Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Pernahkah kamu melihat produk kecantikan yang mengandung blue tansy oil? Blue tansy (Tanacetum annuum) adalah tanaman asal Mediterania yang sering di gunakan sebagai minyak esensial.

Lantas, bagaimana cara penggunaan minyak ini dan apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk, simak penjelasan fakta seputar blue tansy berikut ini.

1. Di sebut-sebut sebagai bahan produk kecantikan kelas atas

Di lansir dari doelgercenter.com, tanaman ini awalnya di panen secara liar dan sekarang telah di budidayakan, terutama di Maroko. Ketika popularitasnya melonjak sebagai produk kecantikan, bunga ini terus di panen dari keberadaannya di alam liar, tetapi persediaannya hingga saat ini terus meningkat.

Meskipun begitu, blue tansy oil ini masih merupakan salah satu minyak esensial harganya relatif mahal. Di kutip dari Agen Club38, sebotol minyak esensial blue tansy dengan berat 2 ons di perkirakan memiliki harga lebih dari 100 dolar Amerika (sekitar Rp1,4 juta).

Bunga Tanacetum annuum ini berwarna kuning dan daunnya yang ramping di tutupi dengan bulu putih halus. Minyak ini memiliki aroma herbal yang manis karena kandungan kampernya yang tinggi.

2. Memperoleh warna biru tua alami dari proses penyulingan uap

Bunga dan batang tanaman blue tansy di kumpulkan dan di suling dengan uap. Dalam proses distilasi, komponen minyak yaitu chamazulene di lepaskan.

Saat di panaskan, chamazulene berubah menjadi biru tua dan menghasilkan minyak yang berwarna biru langit tua. Chamazulene yang terkandung pada tanaman mulai terbentuk saat musim tanam berlangsung, yaitu dari bulan Mei hingga November.

3. Memiliki efek menenangkan

Masih perlu di lakukan penelitian untuk membuktikan minyak esensial blue tansy ini dalam membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi.

Namun, ahli radiologi telah menggunakan minyak tersebut dalam botol spritzer yang di campur dengan air. Mereka menemukan bahwa blue tansy membantu merawat kulit dari luka bakar dan ada kemungkinan akan di kembangkan untuk pengobatan lebih lanjut.

4. Bersifat antiinflamasi

Sebuah studi dalam Toxicological Research tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat komponen sabinene pada blue tansy yang merupakan agen antiinflamasi yang efektif.

Tidak hanya itu, sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2013 menemukan adanya senyawa kamper pada blue tansy oil yang menjadi kunci lain untuk mengurangi peradangan di tubuh.

Selain itu, American Chemical Society juga mencatat bahwa chamazulene, yang merupakan bahan kimia yang menghasilkan warna biru pada minyak, juga merupakan agen antiinflamasi.

5. Menimbulkan efek penyembuhan pada kulit

Konsentrasi kamper dalam blue tansy oil telah terbukti membantu memperbaiki kulit yang rusak. Menurut sebuah uji coba terhadap yang di lakukan oleh Korea Institute for Advancement of Technology (KIAT) tahun 2015, tikus yang telah terpapar radiasi ultraviolet menunjukkan perbaikan setelah di rawat dengan zat kamper.

Hal tersebut membuat para peneliti menyimpulkan bahwa zat kamper juga bisa menjadi agen penyembuhan luka, bahkan memiliki efek untuk melawan keriput.

6. Memiliki sifat antihistamin

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, blue tansy telah di gunakan sebagai antihistamin untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

Ahli aromaterapi merekomendasikan untuk menggunakan beberapa tetes minyak esensial blue tansy dalam mangkuk berisi air panas untuk mengasilkan uap yang bisa di hirup.

7. Banyak cara untuk menggunakan blue tansy oil

Beberapa cara penggunaan blue tansy oil meliputi:

  • Dalam bentuk krim atau minyak lain
    Seperti minyak esensial lainnya, penting untuk mengencerkan blue tansy sebelum menyentuh kulit. Kamu dapat menempatkan 1 hingga 2 tetes blue tansy oil ke dalam mouisturizer, cleanser, atau body lotion untuk membantu meningkatkan efek penyembuhan kulit. Bisa tambahkan juga beberapa tetes ke minyak lain seperti jojoba oil sebelum di oleskan ke kulit.
  • Menggunakan diffuser
    Banyak orang menganggap aroma herbal dari blue tansy oil bisa menenangkan. Untuk menikmati keharumannya di rumah, kamu bisa memasukkan beberapa tetes blue tansy oil ke dalam diffuser.

Namun, perlu di perhatikan bahwa essential oil dapat memicu gejala asma atau alergi bagi sebagian orang. Jadi, hindari penggunaan ini di tempat kerja atau di ruang publik.

  • Dengan botol spritzer
    Untuk membuat spritzer sebagai antiinflamasi, kamu bisa tambahkan 4 ml blue tansy oil ke dalam botol semprot yang berisi 4 ons air. Kocok botol untuk mencampur minyak dan air sebelum menyemprotkannya.

Itulah beberapa fakta seputar blue tansy oil yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Perlu di ketahui, seperti kebanyakan essential oil, penggunaannya tidak boleh di konsumsi dan di oleskan langsung ke kulit tanpa mengencerkannya terlebih dulu. Pastikan juga produk bersumber dari Tanacetum annuum, bukan Tanacetum vulgare. Pada ibu hamil dan menyusui, konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan minyak esensial karena efeknya pada bayi belum sepenuhnya di ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *