Kategori
Bisnis

Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut

Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut

Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut – Rumah makan atau restoran adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya.

Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang terhdangkannya. Sebagai contoh yaitu rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.

Membangun bisnis makanan bukan suatu hal yang mudah, buktinya banyak usaha makanan yang tidak dapat bertahan lama. Nah, untuk memulai bisnis makan kamu membutuhkan idn poker persiapan yang matang.

1. Lakukan riset terlebih dahulu

hipwee Sarasota casual fine dining restaurants 1200x630 - Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut

Dalam memulai bisnis makanan, kamu harus memikirkan di mana lokasi bisnis. Mengutip KoinWorks, banyak bisnis makanan yang dimulai dari hobi dan hanya produksi rumahan.

Ketika sudah merambah bisnis yang lebih besar lagi, maka kamu harus menyiapkan tempat yang lebih besar juga.

2. Buatlah perencanaan bisnis

Makanan Restoran Alize yang Menggoda Setiap Pengunjung - Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut

Rencana bisnis tidak perlu terlalu formal, namun kamu perlu merencanakan secara matang, bagaimana bisnis makanan kamu berjalan. Karena jika perencanaan kamu semakin matang, maka semakin terbuka jalan kesuksesan pada bisnis kuliner kamu.

3. Lakukan perencanaan keuangan untuk mendapat modal
ragam makanan yang dikenal sehat namun justru berbahaya untuk kesehatan jus hingga sushi - Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut

Tidak semua bisnis dengan mudah mendapatkan investor, terutama jika bisnis makanan kamu dimulai dari nol. Kamu harus realistis terhadap berapa banyak modal yang dimiliki untuk memulai bisnis makanan kamu.

Jika kamu membutuhkan modal tambahan, kamu bisa mengajukan ke bank dan Platform P2P Lending, contohnya seperti di KoinWorks.

4. Rencanakan menu hidangan yang kamu jual
003169200 1592283116 20200614 Restoran vegetarian menjadi populer di Kunming xinhua 2 - Ini Lho Strategi Membangun Bisnis Kuliner Baru agar Tidak Bangkrut

Rencanakan terlebih dahulu menu hidangan apa saja yang akan ditawarkan. Kamu perlu beberapa kali percobaan agar rasa makanan yang disajikan memang memiliki kualitas bahan hingga rasa yang baik dan nikmat.

Kamu bisa meminta tolong orang-orang di sekitar kamu, untuk mencicipi setiap makanan yang akan dimasukkan ke dalam menu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *