Kategori
Society

Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah

Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah

Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah – Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

Sampah adalah permasalahan yang sangat serius yang belum teratasi hingga sekarang. Sekitar 6 persen dari gas rumah kaca disumbang oleh sampah. Selain itu, sampah berdampak pada keanekaragaman hayati, menyebabkan polusi, dan kematian satwa.

Ada beberapa narasumber login idn poker via website yang dihadirkan, di antaranya adalah Imanuddin Utoro, Manajer Program Kehutanan Yayasan KEHATI; Een Irawan Putra, Pegiat Komunitas Peduli Ciliwung dan Satgas Naturalisasi Ciliwung Kota Bogor; dan Ridho Malik, Head of Strategic Services Waste4Change. Simak pembahasan lengkapnya di sini!

1. Hanya 7,5 persen sampah yang didaur ulang
zibik ir4mclggzeu unsplash cc56788fd7d32160b906eeccfd89395b - Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah

Ridho memaparkan fakta yang mengejutkan tentang sampah. Dari 100 persen, hanya 7,5 persen yang di-recycle atau didaur ulang. 70 persen langsung di-drop ke tempat pembuangan akhir (TPA), sedangkan sisanya ada yang dibakar, dibuang ke sungai, dan tercecer di mana-mana.

Belum lagi, dampak sampah bagi ekosistem. Walau hanya berkontribusi 6 persen pada gas rumah kaca, sampah tetap memiliki andil pada pemanasan global, Imanuddin menegaskan.

Tanpa disadari, ini menghasilkan efek domino. Pemanasan global yang tidak terkendali bisa menaikkan permukaan air laut dan meningkatkan suhu bumi. Lalu, suhu yang kian meningkat berpotensi menyebabkan kebakaran hutan.

Tidak hanya itu saja, keanekaragaman hayati pun ikut terancam. Sampah yang dibuang ke sungai akan bermuara ke laut, lalu menyebabkan kematian satwa. Tak heran, sering ditemukan sampah plastik di perut paus, penyu, hingga burung.

2. Pengolahan sampah perlu melibatkan masyarakat, mengapa?
hermes rivera r1 iba4oxii unsplash 16f748906470fcbf8951fa377f5d4998 - Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah

Di beberapa negara maju, dikenal istilah polluter pays principle. Artinya, pencemar (baik individu atau korporasi) harus bertanggung jawab untuk membayar kerusakan yang terjadi pada lingkungan.

Sementara di Indonesia, pemerintah justru bertugas sebagai operator, yakni yang menjalankan, mengangkut, dan mengelola sampah. Menurut Ridho, yang bertugas sebagai operator harusnya adalah masyarakat itu sendiri dan pihak swasta, sedangkan pemerintah sebagai regulator atau pembuat regulasi.

Berdasarkan survei yang disampaikan oleh Imanuddin, sebenarnya mayoritas masyarakat memiliki pengetahuan yang baik tentang sampah. Sebanyak 69,70 persen setuju bahwa sampah yang mudah membusuk lebih baik dijadikan kompos dan tidak boleh dibuang ke sungai.

69,44 persen sepakat bahwa setiap rumah tangga harus menyediakan tempat sampah sendiri untuk memisahkan sampah. Selain itu, 61,62 persen responden setuju bahwa sampah berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Masyarakat kita tahu bagaimana (cara) mengelola sampah. Tetapi, kalau kita lihat bagaimana mereka implementasi, ternyata jomplang. Ternyata mereka banyak yang tidak punya TPS, tidak punya tempat sampah, sampahnya juga dicampur. Prakteknya beda dengan pengetahuan yang mereka miliki,” ujar Imanuddin.

3. Bagaimana agar masyarakat bisa mengolah sampah secara mandiri?
pexels gustavo fring 5622462 c79e73b3276b370eab228814e853de56 - Pentingnya Melibatkan Masyarakat dalam Pengolahan Sampah

Imanuddin menekankan bahwa jika masyarakat di berikan pengetahuan dan infrastruktur yang memadai, mereka sanggup mengelola sampah sendiri. Menurutnya, problem utama dalam pengelolaan sampah adalah tidak ada sistem yang utuh.

Pada saat workshop di awal perencanaan, kami tanya, mereka (mengaku) bisa memilah sampah. Tapi mereka mengatakan bahwa buat apa memilah kalau di campur lagi saat di angkut tukang sampah?” Imanuddin melanjutkan.

Agar terarah, masyarakat perlu di dampingi dan berkolaborasi dengan komunitas lokal, misalnya karang taruna. Sampah plastik yang masih bernilai bisa di olah dan dijual kembali untuk mendanai kegiatan mereka. Sementara, sampah organik bisa di olah lewat composting (kompos).

Cara lain yang bisa di lakukan adalah budidaya black soldier fly (BSF) atau lalat tentara hitam. Larva lalat ini sanggup mengonsumsi sampah organik tiga kali berat tubuhnya dalam 24 jam!

Dengan infrastruktur berupa satu rumah BSF, kapasitasnya mencapai 3 ton sampah organik per bulan. Imanuddin mengatakan, larva BSF rakus terhadap makanan dan cukup efektif untuk mengurangi sampah organik yang sudah di pilah.

Kategori
Society

Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia – Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial.

Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Film June & Kopi membawa nuansa baru bagi perfilman Indonesia.

Berpusat pada kisah dua anjing dan sebuah daftar poker99 keluarga kecil, film ini cocok untuk ditonton bersama keluarga di rumah. Sudah tayang sejak 28 Januari 2021 di Netflix, June & Kopi (2021) disutradarai oleh Noviandra. Kami sudah nenyaksikan dan menemukan 7 hal menarik dari film June & Kopi (2021)

1. June dan Kopi, dua ekor anjing berbeda ras yang dipercaya sebagai tokoh utama
5 2114ae5f5b9d58a010f49050df7909e1 - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

June & Kopi (2021) merupakan film pertama asal Indonesia yang dibintangi oleh hewan. Genre dan jalan cerita seperti ini memang sudah umum jika melihat deretan film Hollywood lainnya.

Bagi kru dan pemain, tidak mudah untuk mempersiapkan akting memukau dari June dan Kopi. Mereka harus berlatih beberapa bulan sebelum akhirnya masuk ke dalam tahap produksi.

Meski masih ada beberapa jumping di dalam film karena menggunakan pemeran pengganti untuk June dan Kopi, kepintaran yang disuguhkan keduanya berhasil menyihir penonton. Uniknya, June dan Kopi merupakan anjing nyata yang sutradaranya temukan dari tempat penampungan.

Kisah, karakter, dan interaksi selama film diambil dari kehidupan nyata sang sutradara. Maka tidak mengherankan jika film keluarga ini cukup dekat dengan realita masyarakat saat ini.

2. Bonding Aya, Karin, dan Ale bersama June, serta Kopi tampak nyata
4 7e3e7f08e4f2871f103b8d8e582c0523 - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Sebelum memasuki tahap produksi, pemain serta kru film harus membangun bonding dengan June dan Kopi. Hal ini pula yang membuat akting June dan Kopi terasa nyata.

Akting yang disuguhkan June, Kopi, Aya (Acha Septriasa), Karin (Makayla Rose Hilli), dan Ale (Ryan Delon) terasa nyata. Ini membuktikan jika tim produksi dari film June & Kopi (2021) berhasil mempersiapkan segalanya dengan cukup baik.

Penonton dibuat percaya jika June, Kopi, Aya, Karin, dan Ale memanglah sebuah keluarga yang memiliki bonding kuat. Film ini akan memberikan kesan kuat bagi para pecinta hewan, khususnya yang memiliki peliharaan di rumah.

Tak jarang penonton dibuat meneteskan air mata ketika melihat kesedihan yang ditunjukkan June. Serta ketika Aya, Karin, dan Ale harus mengikhlaskan kepergian June.

3. Kisah persahabatan anjing dan manusia yang bikin happy sekaligus meneteskan air mata
2 b18accbe864a2df2bfa3b2610ea3433b - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Anjing memang identik dengan kepintaran dan bonding-nya yang kuat bersama manusia. Tak jarang anjing dijadikan sebagai penjaga hingga teman dari pemiliknya.

Film ini menyuguhkan kisah dua ekor anjing yang memiliki latar belakang berbeda dan tinggal satu rumah dengan sebuah keluarga kecil. June & Kopi (2021) juga menyuguhkan sudut pandang kehidupan dari sisi anjing.

Sama seperti halnya manusia, anjing memiliki rasa kasih sayang dan juga insting melindungi orang yang menyayangi mereka. Mereka juga memiliki ketakutan tersendiri kepada hal-hal yang dianggap mengancam.

Sejak awal, June memang digambarkan sebagai anjing liar yang memiliki trauma terhadap anak kecil. Hal ini yang sempat menimbulkan konflik diantara Aya dan suaminya, Ale.

Apalagi ketika mereka mengetahui jika Aya tengah hamil muda dan akan segera melahirkan. Pada akhirnya, Karin, anak dari Aya dan Ale yang dapat mengobati rasa trauma June.

Berkat bonding dan rasa kasih sayang yang kuat, June rela melindungi Karin dan keluarganya. Penonton akan diajak menikmati tingkah gemas dari June dan Kopi, serta perjuangan keduanya melindungi orang yang mereka sayang.

4. Ide cerita yang umum, tetapi cukup spesial karena pengemasan dari sudut pandang June dan Kopi
3 a90df67cc887a95563e131fa79c20c79 - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Ide cerita yang di suguhkan film June & Kopi (2021) memang cukup umum. Film ini menceritakan tentang June, anjing liar yang di rescue oleh sepasang suami istri.

Pada awalnya, June sempat menerima penolakan dari Ale. Meski begitu, semakin lama June bisa meluluhkan hati Ale.

June juga di gambarkan sebagai sosok penyelamat bagi Karin. Ia pada akhirnya harus meregang nyawa karena melindungi Karin dan Ale.

Sedangkan Kopi yang sejak awal di gambarkan sebagai anjing pendiam, ramah, dan penurut. Pada akhirnya secara alami menggantikan posisi June untuk melindungi Karin.

Ide cerita yang di suguhkan memang tergolong umum dan mudah di tebak. Tapi sang sutradara mengemas adegan per adegan dengan sangat apik.

Dengan durasi 1 jam 30 menit, penonton akan di ajak menikmati petualangan June dan Kopi. Tidak hanya berisi kisah menyenangkan, penonton juga akan merasakan suasana haru dan mendebarkan.

5. Interaksi June dan Kopi yang membangkitkan mood penonton
6 19246a49de0c76b58221c04224b27244 - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

June, anjing berjenis Mongrel Street Dog adalah seekor anjing liar yang memiliki sifat playfull dan ceria. June juga di gambarkan cukup protektif dengan orang-orang di sekitarnya.

Sempat trauma dengan anak kecil, Karin justru mengobati rasa trauma itu. June menjadi sosok penjaga sejak Karin baru lahir hingga June harus menjemput ajalnya.

Sedangkan Kopi, anjing berjenis Staffordshire Terrier memiliki sifat berbanding terbalik dengan June. Ia cenderung penurut, pendiam, dan menjadi pengamat. Maka tidak mengherankan jika Ale lebih menaruh perhatian kepada Kopi.

Meski begitu, Kopi selalu mendukung dan membantu June. Ketika June berada di luar rumah atau di dalam kandang, Kopi secara diam-diam selalu membukakan pintu untuk sahabatnya.

Secara tidak langsung, kedua anjing ini saling melengkapi. Kopi yang notabenenya pendiam juga turut mengikuti June yang menyusul Karin berlibur.

Ketika June tiada, Kopi lah yang menggantikan tugasnya untuk menjaga Karin. Selama ini, meski tampak cuek, Kopi selalu memperhatikan gerak-gerik dan keseharian June.

6. Sudut pengambilan gambar yang cukup unik untuk menunjang nyawa dari akting June dan Kopi
1 3fec2e8cbdfb4fcc3a28c40009ac4f10 - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Sempat menjalani pelatihan selama tiga bulan, June dan Kopi berhasil menyuguhkan akting yang membuat penonton bertepuk tangan. Ekspresi dan interaksi yang mereka tunjukkan membuat film ini semakin mencuri perhatian.

Di tambah lagi dengan sudut pengambilan gambar dari beberapa adegan yang menunjukkan penglihatan dari June dan Kopi secara langsung. Penonton di ajak seakan-akan melihat apa yang mereka rasakan dan lihat.

Sudut pengambilan gambar ini yang membuat Film June & Kopi (2021) berhasil menyuguhkan pengalaman unik bagi penonton. Angle kamera tersebut juga menunjang nyawa dari akting June dan Kopi.

7. Secara tidak langsung menggambarkan perlakuan anjing liar dan adopsi di kehidupan nyata
7 dc518dd353075ab44eb96ce18089d892 - Film Kisah Haru Persahabatan Si Anjing dan Manusia

Sebagai anjing dengan dua latar belakang berbeda, June dan Kopi mendapat perlakuan yang tidak sama dari masyarakat. Sikap tersebut juga di tunjukkan oleh Ale.

Apalagi kedua anjing ini memiliki sifat yang berbeda 180 derajat. Sebagai anjing terlatih, Kopi cenderung penurut dan hal itu menjadi tolak ukur bagi Ale.

Sedangkan sosok playfull dan pembangkang yang di miliki June membuat Ale kurang suka. Perhatian yang di berikan Ale kepada dua anjing ini juga berbeda.

Selain itu, June juga mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan ketika bertemu dengan orang lain dan anak kecil semasa menjadi anjing liar. Hal itu pula yang membuat June trauma terhadap anak kecil.

Perlakuan seperti ini memang umum terjadi di masyarakat. Tidak hanya kepada anjing, tetapi hewan lain seperti kucing. Film ini cukup menyentil perlakuan masyarakat yang mengaku menyayangi hewan peliharaan mereka, tetapi berlaku tidak menyenangkan kepada hewan liar.

Itu dia fakta menarik tentang film June & Kopi (2021)! Bagi pencinta hewan, film ini berhasil menyuguhkan kisal simpel yang menghibur dan mengetuk hati. Setelah menonton dan menyaksikannya,  memberi rating.

Kategori
Society

Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial – Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa di batasi oleh ruang dan waktu.

Apa kalian punya teman yang sering berkeluh kesah di media sosial? Setiap hari isi statusnya cuma soal penderitaan hidupnya yang seolah gak habis-habis. Padahal, bisa jadi saat itu kamu sendiri sebenarnya sedang mengalami penderitaan yang lebih parah dari dia.

Melihat postingannya pasti bikin kalian ikut tertular energi negatif dan alih-alih merasa kasian kalian justru jadi pengin daftar poker99 menghujat, ya gak? Waduh, jangan langsung berprasangka ya. Memang sih, orang yang senang mengeluh di media sosial ini bikin jengah banget.

1. Dia gak punya teman curhat
pexels sam lion 6001797 8e0730e43c5d152ee388034ffdc10295 967f9dfd706142b26979390c46105b8f - Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Buat kalian yang masih punya teman curhat, mengeluh di media sosial memang terasa seperti sebuah hal yang memalukan. Tapi, gimana kalau teman curhat satu pun kalian gak punya? Mungkin banget kan medsos jadi satu-satunya tempat kalian berkeluh kesah dan mengeluarkan semua uneg-uneg yang ada.

2. Emosi sudah menguasainya
photo 1494398242107 01921ca5cf3b 60cca30d7466c1e48c6ad2dbb0ef26c5 - Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Orang yang masih susah mengelola emosi dalam dirinya, akan dengan mudahnya memposting sesuatu di media sosial tanpa pikir panjang. Bisa jadi, inilah yang tengah terjadi dengan temanmu tersebut. Dia hanya sedang terlalu emosi sehingga susah menggunakan logika dan berpikir panjang soal apa yang perlu dan gak perlu di unggah di media sosial.

3. Menginginkan empati yang gak bisa dia dapat di dunia nyata
photo 1543965860 82ed7d542cc4 7524ff9dbd56d431ea057a3202fc32db - Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Daripada menghujat, coba deh lebih bersimpati dengan orang yang sering berkeluh kesah di media sosial ini. Bayangkan kamu berada di posisinya, dengan penderitaan hidup yang mungkin bagimu gak seberapa, tapi baginya sungguh berat sekali. Belum lagi, dia gak pernah mendapatkan empati dari orang sekitarnya. Makanya dia berusaha mencari hal tersebut di dunia maya.

4. Sekadar melepas kepenatannya akan hidup
4b9d3b281efb4c34625771e54a3abecf - Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Ada lho orang-orang yang hidupnya begitu berat dan dia sudah gak bisa menanggungnya lagi sehingga hal-hal sepele pun terasa sangat mengganggunya. Bisa jadi kan temanmu ini juga mengalami hal yang seperti ini. Mungkin apa yang dia keluhkan di media sosial, hanya sebagian dari berjuta penderitaan yang dia alami.

5. Dia sebenarnya mengharapkan bantuan
fromandroid 1eca93733ba76ee963f66acefb7e75d5 - Alasan Orang-orang Sering Mengeluh di Media Sosial

Gak semua orang memiliki mental yang sehat dan kehidupan yang baik-baik aja seperti dirimu. Bagaimana jika temanmu yang senang curhat di medsos ini ternyata sebenarnya mengharapkan bantuan? Coba deh kamu tanyakan langsung padanya daripada menghinanya di belakang.

Semua orang mengalami penderitaan yang berbeda-beda. Kita gak punya hak untuk menuduh atau menghujat orang lain hanya karena mereka melakukan apa yang kita gak lakukan.

Kategori
Society

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu – Dukungan dari keluarga dan orang terdekat adalah hal yang penting dalam mengatasi masalah psikologis, termasuk distimia. Kondisi ini merupakan gangguan mental yang termasuk dalam kategori depresi, dengan gejala depresi yang cukup parah.

Semakin banyak dukungan yang diterima dari orang sekitar, maka pengidap gangguan ini bisa semakin baik dalam mengontrol gejala. Dalam menjalani hidup, kita sering kali melihat orang terdekatmu melakukan berbagai macam kesalahan yang cukup merepotkan, entah itu yang disengaja maupun tidak.

Sebagai sesama manusia, sudah sepantasnya bagi kita untuk menegur orang yang telah daftar poker99 melakukan kesalahan. Meski setiap teguran itu memiliki makna yang sama, sedikitnya ada lima hal yang perlu diperhatikan di saat ingin menegur orang terdekatmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Cara penyampaiannya tidak boleh terlalu frontal
cara penyampaiannya tidak boleh terlalu frontal bdebec83b1206d3bcde02644ff9511a7 1457bfa31f5a600b39f3738563475760 - Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Pada dasarnya, segala bentuk teguran memiliki arti dan makna yang sama. Hanya saja, cara penyampaiannya harus kamu perhatikan, apalagi jangan sampai terlalu frontal dan membuat kesalahpahaman yang berujung pertikaian.

Cobalah untuk lebih santai dan bertutur kata dengan lebih baik dalam memberikan teguran. Jangan sampai apa yang kamu katakan menyinggung atau membuat dirinya merasa dihakimi atas segala ucapan yang terlalu frontal.

2. Situasi dan kondisinya memungkinkan untuk menerima teguran atau tidak
situasi dan kondisinya memungkinkan untuk menerima teguran atau tidak bdebec83b1206d3bcde02644ff9511a7 317f791ddd87c4cecaa21b94f5361937 - Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Secara garis besar, memberikan teguran pada orang lain harus memperhatikan beberapa hal penting, yakni waktu, tempat, dan juga suasana. Paling tidak, pastikan situasi dan kondisinya memungkinkan untuk menerima berbagai macam teguran.

Jangan sampai kamu memberikan teguran di saat dia sedang sedih, marah, kesal, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, teguran kamu tidak akan pernah sampai dan malah bisa membuat keributan yang merepotkan.

3. Setiap teguran yang kamu sampaikan harus jelas dan tidak rancu
setiap teguran yang kamu sampaikan harus jelas dan tidak rancu bdebec83b1206d3bcde02644ff9511a7 95648c95abcab632d619e502da5c1da4 - Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Pada hakikatnya, segala macam bentuk teguran yang kamu lontarkan memiliki tujuan yang sangat baik. Namun, teguran tersebut harus di sampaikan dengan jelas dan juga tidak rancu.

Hal ini bukan semata-mata untuk merasa lebih baik dalam berucap, tapi memang demi kejelasan atas kesalahan yang telah dia lakukan. Paling tidak, teguran yang kamu berikan benar-benar sampai dan berdampak positif kedepannya.

4. Tujuan atau maksud kamu dalam memberikan teguran itu sendiri harus jelas
tujuan atau maksud kamu dalam memberikan teguran itu sendiri harus jelas bdebec83b1206d3bcde02644ff9511a7 991f3cccbf3c725dee8a013c82f1288e - Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Pada umumnya, sebagian besar orang menganggap bahwa sebuah teguran di lontarkan demi kebaikan bersama. Dalam hal ini, tentu kamu harus paham betul apa maksud dan tujuan kamu yang sebenarnya dalam memberikan teguran itu sendiri.

Nyatanya, ada juga orang yang menggunakan teguran dengan maksud dan tujuan yang lain, termasuk yang sifatnya negatif. Jika itu tujuan kamu yang sebenarnya, lebih baik urungkan segala niat kamu untuk melakukan teguran demi teguran.

5. Penyesuaian kalimat agar kamu tidak merasa benar sendiri
penyesuaian kalimat agar kamu tidak merasa benar sendiri bdebec83b1206d3bcde02644ff9511a7 a226fd37324af5a43a577a931ff3bda9 - Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ingin Menegur Orang Terdekatmu

Pada dasarnya, cara kita yang sopan dalam menegur bukan berarti lepas dari segala kesalahan. Nyatanya, kamu harus tetap memperhatikan kalimat demi kalimat agar tidak merasa benar sendiri.

Orang yang merasa benar sendiri dalam menegur tidak akan membuahkan hasil yang baik. Kamu seakan-akan sedang menghakiminya sendiri, dia yang paling bersalah dan kamu yang paling benar.

Itu dia deretan perihal yang perlu di perhatikan di saat ingin menegur orang terdekatmu. Meski segala bentuk teguran memiliki maksud dan tujuan yang sama persis, bukan berarti kamu bisa menegurnya tanpa persiapan sama sekali.

Kategori
Society

Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh – Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens, sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Berbagai ujian hidup kadang silih berganti menerpa hidup seseorang hingga membuatnya sangat rapuh. Namun, sebagai manusia kita kerap kali dituntut untuk kuat dan selalu terlihat tegar meski kadang rasanya sudah gak kuat lagi untuk menanggung beban.

Mungkin banyak yang bertanya mengapa kita Login Club388 seperti nampak biasa saja padahal tengah dihantam badai yang dahsyat. Ingin tahu apa alasannya mengapa manusia bisa terlihat tegar meski hatinya sedang rapuh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dituntut untuk menjadi pribadi yang tangguh
pexels photo 1172207 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e 2444e530596a6572f654bebcb5d72a95 - Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Sebagai manusia kita sering di latih sejak dini bahkan di tuntut untuk menjadi pribadi yang tangguh. Sehingga gak heran saat serbuan problem hidup datang kita tetap terlihat tegar. Bagi kita gak ada alasan untuk terus menerus meratapi keadaan, terlalu lama bersedih gak akan mengubah apa pun. Menjadi tangguh dalam setiap kesempatan adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan. Itulah mengapa kita sering kali terlihat tegar meski hati sedang hancur berantakan.

2. Terbiasa hidup mandiri
pexels photo 2228561 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e 4955ebbaa5e2c77dd06bd6a8c3b58265 - Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Menggantungkan segala hal kepada orang lain hanya akan membuat kita kesulitan sendiri pada akhirnya. Oleh sebab itu, menjalani hidup sebagai pribadi yang mandiri merupakan jalan terbaik yang bisa kita pilih. Terlalu bergantung dengan orang lain malah membuat kita tidak bisa berdiri di atas kaki kita sendiri.

Kita terus di tuntut untuk menunggu bantuan dari mereka sebelum akhirnya bertindak. Sama halnya saat kita di timpa masalah, kita yang benar-benar mengetahui titik kelemahan kita akan lebih mudah melakukan introspeksi serta tetap kuat menjalani hari-hari yang sulit.

3. Optimis
pexels photo 4458627 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e ecfc7662301cc95e6ca22d51bfcc414a - Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Alasan lain adalah karena manusia punya keyakinan bahwa setiap ada masalah pasti akan terdapat jalan keluar yang menyertai. Selain itu manusia juga meyakini jika apabila ia di timpa masalah berarti ia mampu untuk melewati itu semua.

Untuk itulah sering kali kita terus terlihat tegar meski masalah tak henti-hentinya datang silih berganti. Sikap optimis seperti ini yang akhirnya membuat kita menjadi sosok manusia kuat yang hebat.

4. Sering mengandalkan diri sendiri
pexels photo 5721333 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e eabd84352213b97a8c69d892b51cbd7e - Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Percaya dengan diri sendiri merupakan alasan mengapa manusia tetap terlihat tegar meski hatinya sedang rapuh. Manusia percaya bahwa tanpa perlu bantuan orang lain, mereka mampu melewati setiap ujian yang di berikan.

Bukan bermaksud jemawa akan tetapi, manusia terbiasa mengandalkan dirinya sendiri untuk bertahan di tengah dunia yang kadang sering gak berpihak kepadanya. Gak heran, kan kalau kita seolah-olah selalu terlihat biasa saja?

5. Pernah di uji dengan hal yang lebih berat
pexels photo 3767411 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e 09822e76c1605b4bc1c322d38ff02645 - Alasan Mengapa Manusia Terlihat Tegar Meski Hatinya Sedang Rapuh

Apa yang menjadikan manusia terlihat kuat tak lain dan tak bukan karena ia sudah teruji. Ia pernah mengalami hal yang jauh lebih berat dari ini. Sehingga gak ada alasan untuk terpuruk lagi. Ia juga tidak akan mampu sekuat ini bila belum pernah mengalami yang lebih berat, bukan? Itulah kenapa manusia tetap terlihat tegar dan biasa saat cobaan datang.

Namun, ada kalanya kita harus membagi beban itu, lho guys. Jangan terus menerus memikulnya sendiri. Semangat terus, ya.

Kategori
Society Uncategorized

Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial – Ustaz atau sering dieja Ustad dan Ustadz; adalah kata dalam bahasa Indonesia yang bermakna pendidik. Kata ini diserap dari bahasa Arab dan Bahasa Persia dari kata, pelafalan dan makna yang sama yaitu guru atau pengajar.

Dalam bahasa Indonesia, kata ini lebih merujuk kepada guru, pengajar. Menjadi pendakwah tentunya harus memiliki kepribadian yang baik untuk menjadi teladan masyarakat. Bagai pisau bermata dua, isi dakwah bisa berbuah manis, namun juga bisa jadi bumerang bagi dirinya.

Tak heran, beberapa ustaz sering viral di media sosial akibat Login Club388 isi ceramahnya. Tidak hanya viral karena konten yang berdampak positif, kadang mereka viral karena ceramahnya yang kontroversial.

1. Ustaz Maaher
whatsapp image 2021 02 09 at 152612 6199c5149e7faa4e879e121209691356 9222b544fc9cac516aa11e62df404e07 - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Baru-baru ini, nama Ustaz Ustaz Maaher At-Thuwailibi menjadi perbincangan di tengah masyarakat pasca-kematiannya di Rutan Mabes Polri pada Senin (8/2/2021). Maaher tutup usia setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada akhir Januari 2021 karena sakit.

Pemilik nama asli Soni Eranata itu dikenal aktif menyampaikan dakwah menggunakan media sosial, misalnya melalui akun Twitter, YouTube, hingga Instagram. Namun, pada 2020, ia memutuskan untuk pindah berdakwah ke aplikasi Tiktok.

Ustaz Maaher dikenal dengan dakwahnya yang frontal dan keras sehingga menjadikannya sebagai sosok yang kontroversial.

Meski begitu, suara merdunya saat membaca Al-Quran disebut-sebut mirip dengan Syekh Maher Al-Muaiqly.

2. Ustaz Derry Sulaiman
derrysulaiman 120454781 362204674911208 2558963221023282051 n e72e798678bb2e7bb2375e731c126ca8 - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Pria bernama asli Deri Guswan Pramona ini lahir di Saniangbaka, Sumatra Barat, pada 1 Agustus 1978. Sebelum menjadi seorang pendakwah, Derry merupakan anggota band beraliran musik keras.

Ia pernah menjadi gitaris Betrayer hingga 1998 dan selanjutnya membentuk band metal Born by Mistake.

Pada tahun 2000, pelantun lagu ‘Dunia Sementara Akhirat Selamanya’ (2015) itu memutuskan untuk hijrah. Semenjak saat itu, Derry Sulaiman pun memperdalam ilmu agamanya ke berbagai negara seperti India, Pakistan, hingga Bangladesh.

Sepulangnya dari sana, Ustaz Derry mulai aktif berdakwah di lingkungannya di Bali, bahkan ke beberapa kota besar di tanah air. Tidak hanyak berdakwah di masjid atau di pengajian, Ustaz Derry juga kerap berdakwah di diskotik dan klub malam di Bali.

Karena cerita masa lalunya inilah, Ustaz Derry sempat viral di media sosial.

3. Ustaz Abdul Somad
ustaz abdul somad 1 676d12de863110734c62a4e758634a03 - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Ustaz Abdul Somad (UAS) alias UAS menjadi salah satu ulama yang paling dikenal di tanah air. Ceramah dan dakwahnya menjadi teladan bagi banyak umat muslim di Indonesia maupun sejumlah negara tetangga.

Tak heran, YouTube UAS yang diisi dengan ceramah-ceramahnya memiliki 1,78 juta subscriber.

UAS juga sempat terlibat dalam dunia politik ketika dirinya menyatakan mendukung Prabowo Subianto menjadi presiden pada Pilpres 2019. Saat itu, UAS mengaku bermimpi bahwa Prabowo bersama Sandiaga Uno akan memenangkan Pilres.

4. Ustaz Riza Muhammad
132212011 736090210657645 8607872080466992412 n 1 baeca3ba9bfd02b5ea29a410b64d64c5 - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Sosok Riza Muhammad mengawali kariernya di dunia peran sebelum menjadi pendakwah. Sosoknya terkenal sejak menjadi finalis Indonesia Star Metro TV pada 2004 dan finalis DAI TPI 2005.

Pada 2008, ia mengikuti audisi menjadi bintang di film Ketika Cinta Bertasbih, dan karier perfilmannya juga cerah saat memerankan film ‘Pesantren Rock n Roll’ pada 2014.

Setelah kenyang mendalami dunia peran, dirinya sempat kembali ke dunia bisnis menjadi Public Relation pada divisi haji dan Umroh di Bank Syari’ah Mandiri. Di sinilah jalan hidup Riza berubah menjadi seorang pendakwah.

Saat itu, ia diminta untuk mengundang Ustaz Jefri Al- Bukhori. Ia pun bertemu pihak manajemen Ustaz Solmed. Namun secara tak terduga, Riza mendapat tawaran untuk menjadi seorang pendakwah.

Sejak 2012 ia pun sering mengisi layar kaca menjadi seorang pendakwah.

5. Ustaz Ebit Lew
106143720 1174367042943795 8680055067654476653 n f04633f9a22686dbccb746ed6dff6c01 - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Ustaz Ebit Law atau pemilik nama asli Ebit Irawan adalah seorang pengusaha dan pendakwah. Pria kelahiran Malaysia 1984 itu dikenal dengan pendekatan dakwahnya yang menyantuni masyarakat miskin, golongan terpinggir, remaja, dan golongan LGBTQ.

Ustaz Ebit Law memiliki darah Tionghoa, ia juga dikenal dengan seminar motivasi kekeluargaan miliknya, Keluarga Sunnah dan pemilik waralaba pasar swalayan Elewsmart.

Ustaz Ebit Lew pernah viral karena berkat dakwahnya di Facebook, membuat satu keluarga berdarah Tionghoa di Malaysia berhijrah ke Islam.

Satu keluarga itu merupakan pedagang buah di Medan Gopeng, Ipoh, Malaysia. Tujuh anggota keluarga semuanya mengucapkan syahadat.

Keluarga tersebut memutuskan masuk Islam karena kagum setelah menyaksikan video dakwah Ustaz Ebit di Facebook setiap hari.

6. Ustaz Yahya Waloni
82667629 3132467783643991 2286836251754494632 n 1 d3c13cca9ccb96147e07ab25247eae6a - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Ustaz Yahya Waloni juga merupakan seorang ustaz yang cukup dikenal kontroversial di mata publik. Yahya Yopie Waloni lahir di kota Manado pada 30 November 1970.

Ia lahir dari keluarga berdarah Minahasa yang taat pada agama Kristen. Dalam beberapa ceramahnya, ia mengklaim pernah menjadi pendeta dan pernah menjabat sebagai Rektor UKI Papua.

Selepas menjadi pendeta, ia pun memutuskan mualaf dengan memeluk agama Islam pada Rabu, 11 Oktober 2006, melalui tuntunan sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Toli-toli.

Yahya pun menulis buku berjudul “Islam Meruntuhkan Iman Sang Pendeta” sebagai autobiografinya yang merekam perjalanan hidupnya hingga memeluk Islam.

Teranyar, Ustaz Yahya Waloni sempat viral di media sosial setelah pengakuannya dengan sengaja menabrak seekor anjing. Ia menabrak seekor anjing hingga kakinya pincang.

Ia mengaku alasannya menabrak anjing lantaran binatang tersebut memiliki najis. Akibat pernyataannya, warganet ramai mengecam tindakan Ustaz Yahya Waloni.

7. Ustaz Yusuf Mansur
145399827 1145538195869175 6018431135115652653 n 1 cb424ff5152588659432ed3ceee92d9b - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Ustaz Yusuf Mansur memiliki cerita kelam dalam perjalanan hidupnya. Di usia 20 tahunnya, ia sempat mendekam di penjara karena masalah utang akibat dari bisnisnya yang gagal.

Setelah menjalani masa suram itu, pria pemilik nama asli Jam’an Nurkhatib Mansur ini melanjutkan kehidupannya dengan mencoba beberapa peruntungan di dunia bisnis dari mulai pedagang es hingga mendirikan Pondok Pesantren Darul Quran.

Kariernya di dunia dakwah dan bisnisnya beriringan sukses membawanya menjadi seorang Ustaz yang banyak penggemarnya.

Nama Yusuf Mansur akhir-akhir ini ikut menjadi perbincangan warganet pasca anaknya, Wirda Mansur mendadak jadi trending di mesing pencari Google pada Rabu (20/1/2021).

Anak Ustaz Yusuf Mansur dijodohkan dengan anak Syekh Ali Jaber, Hasan. Selentingan tentang perjodohan ini terjadi di sebuah program TV. Di sana, Ustaz Yusuf Mansur tertarik menjodohkan putrinya itu dengan anak Syekh Ali Jaber, Al Hasan Ali Jaber.

8. Syekh Ali Jaber
119049021 771231133439000 2189553365947816528 n 1 eae6d836c29e8c2260f97fdd8ebd9e7c - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Almarhum Syekh Ali Jaber menjadi salah satu pendakwah yang disukai banyak masyarakat. Di lansir dari artikel ‘Mengenal Syekh Ali Jaber Lebih Dekat’ sebagaimana diunggah syekhalijaber.com, sejak usia 13 tahun dia sudah menjadi imam di sejumlah masjid Madinah.

Anak pertama dari 12 bersaudara itu telah menjadi penghafal Alquran sejak muda. Ayahnya di kenal sangat keras dalam mendidik agama anak-anaknya.

Ayahnya ingin agar perjuangannya menyiarkan Islam di teruskan oleh Syekh Ali Jaber sebagai anak pertama. Di antara guru-guru agamanya adalah Ketua Majelis Tahfidz Masjid Nabawi Syekh Muhammad Ramadhan, Ketua Pengurus Makam Rasulullah Syekh Said Adam, dan Ulama Pakar Alquran di Madinah, Syekh Abdurrahman Kholil.

Syekh Ali Jaber di kabarkan meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) pukul 08.30 WIB. Sebelum meninggal, Syekh Aki Jaber sempat di rawat intensif akibat COVID-19.

9. Ustaz Tengku Zulkarnain
eue y4vvgayebqp 15000d97ba9d4101c716022130e3caa4 - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Tengku Zulkarnain adalah seorang pendakwah, yang sekarang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jendral Dewan (Wasekjen) Pimpinan Majeli Ulama Indonesia (MUI).

Pria kelahiran Medan itu merupakan salah satu pendakwah yang aktif bersuara dan memberikan komentar terhadap beberapa masalah dan isu yang sedang hangat di perbincangkan di tengah masyarakat.

Mulai dari masalah kerukunan umat beragama di Indonesia, masalah sensor film, prostitusi online, pemblokiran situs-situs Islam radikal, hingga soal vaksin COVID-19.

Teranyar, ia di periksa Mabes Polri karena perang cuit dengan Abu Janda terkait ‘Islam Agama Arogan’.

Perang cuitan itu bermula ketika Tengku lewat akun Twitter @ustadztengkuzul, membahas arogansi minoritas terhadap mayoritas di Afrika. Cuitan Tengku menyebut tidak boleh ada arogansi, baik dari golongan mayoritas ke minoritas maupun sebaliknya.

“Dulu minoritas arogan terhadap mayoritas di Afrika Selatan selama ratusan tahun, apertheid. Akhirnya tumbang juga. Di mana-mana negara normal tidak boleh mayoritas arogan terhadap minoritas. Apalagi jika yang arogan minoritas. Ngeri melihat betapa kini Ulama dan Islam di hina di NKRI,” kata Tengku Zulkarnain.

Menanggapi hal itu, Abu Janda membalas cuitan Tengku Zulkarnain. Dia menyebut ada Islam yang arogan karena mengharamkan kearifan lokal di Indonesia.

“Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya di haramkan dengan alasan aurat,” tutur Abu Janda lewat akun @permadiaktivis1.

10. Felix Siaw
145212577 3741871415862315 6674807748568255551 n 232503cb86d142040c652c968f24b68c - Daftar Para Ustaz Tanah Air yang Viral di Media Sosial

Felix di kenal oleh masyarakat sebagai mualaf dan menjadi penceramah yang populer di media sosial. Ustadz Felix Yanwar Siauw atau yang lebih di kenal dengan panggilan Ustadz Felix Siauw merupakan seorang pendakwah beretnis Tionghoa-Indonesia yang memulai karirnya setelah ia memeluk agama Islam.

Pria kelahiran Palembang, 31 Januari 1984 ini tumbuh besar di keluarga Katolik. Lahir dan besar di Palembang, tetangga di lingkungan sekitarnya pun 95 persen merupakan nonmuslim.

Pada tahun 2002 atau saat ia berusia 18 tahun, Felix memutuskan untuk memeluk agama Islam dan menjadi mualaf. Walaupun orangtuanya tidak memeluk agama Islam, keduanya mendukung keputusan Felix.

Bukan hanya menyiarkan dakwahnya secara tatap muka dengan publik, dia juga sering menyebarkan dakwahnya lewat media sosial untuk jutaan pengikutnya. Saat ini ia telah memiliki lebih dari 4,8 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 3,3 juta pengikut di Twitter.

Tidak hanya itu, ia juga sering membagikan video dakwah dan vlog lewat kanal YouTube-nya yang saat ini memiliki lebih dari 904 ribu subscriber.

Kategori
Society

Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial – Kehidupan Sosial adalah kehidupan yang di dalamnya terdapat unsur-unsur sosial/kemasyarakatan. Sebuah kehidupan disebut sebagai kehidupan sosial jika di sana ada interaksi antara individu satu dengan individu lainnya, dan dengannya terjadi komunikasi yang kemudian berkembang menjadi saling membutuhkan kepada sesama.

Bagi yang introvert, kamu tentu memerlukan ruang untuk diri sendiri guna mengisi ulang energi agar tidak lelah saat bertemu dengan banyak orang. Kamu bisa menentukan batasan agar bisa membuat ruang antara dirimu dengan orang lain. Saat kamu meminta ruang untuk dirimu, orang lain mungkin akan merasa tidak nyaman dan canggung.

Kamu bisa mengomunikasikan agar orang di sekitarmu mengerti bahwa kamu membutuhkan ruang untuk sendiri. Kamu bisa mengikuti cara membuat ruang sendiri bagi introvert di tengah kehidupan sosial. Dengan tips ini, kamu pun bisa mulai Login Club388 menetapkan batasan diri agar mempunyai kesempatan untuk mengisi energi.

1. Pahami terlebih dulu kalau membuat ruang sendiri bukanlah penghalang di tengah kehidupan bermasyarakatmu
introvert eb72b64bdd52c83da6e5f62b05658047 - Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Janganlah memandang bahwa menetapkan ruang sendiri berarti mempunyai halangan untuk bersosialisasi dengan orang lain! Sejatinya, kamu bisa memprioritaskan kesendirian agar tak kelelahan secara fisik dan mental, tanpa kehilangan kehidupan sosial.

Batasan dirimu bukanlah penghalang, melainkan ruang untuk membuatmu berkembang untuk lebih baik. Kamu bisa menentukan batasan diri untuk menolak ajakan bertemu demi memulihkan diri terlebih dulu.

2. Menentukan apa yang paling membuatmu lelah
priscilla du preez vzqeavugnss unsplash 69d39f76d5e3eef895018f4407c60c85 - Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Kamu harus menentukan kegiatan apa yang paling membuatmu lelah. Sekalipun sudah mempunyai batasan diri, kamu tetap bisa merasa kelelahan.

Setelah kamu tahu apa yang membuatmu lelah, kamu bisa mengurangi intensitas kegiatan tersebut atau menyimpan energi dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut.

3. Semakin cepat kamu menentukan ruang sendirimu, akan lebih baik
4 259e0e636a45a83103a327e50dfee68b - Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Kamu bisa mengomunikasikan ini pada teman dan keluarga kalau kamu butuh ruang untuk sendiri. Kamu bisa lebih segar setelah adanya batas yang kamu tetapkan untuk dirimu sendiri itu.

Setelahnya, kamu harus menjaga batasan ruang sendirimu itu untuk jadi prioritas sehingga tidak kewalahan mengatur energi di lain waktu. Demi tetap waras, nih!

4. Buatlah batasan yang jelas dan spesifik!
woman 491623 1280 5a33ae93a0bf99e57a8d7cada1264ba2 - Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Ada orang yang menghargaimu ketika membutuhkan ruang untuk sendiri. Cara paling mudah untuk membuat orang mengerti tentang batasanmu adalah dengan membuat aturannya secara lebih spesifik dan jelas.

Kamu bisa meminta dua jam tanpa diganggu atau dipanggil untuk menghabiskan waktu sendiri saja. Dijamin otakmu segar setelahnya.

5. Belajar untuk mengatakan “tidak”
fromandroid f558695dd1679c116176e8c70b3dfb83 - Cara Membuat Ruang Sendiri Bagi Introvert di Tengah Kehidupan Sosial

Kamu harus bisa menolak hal yang membuatmu kelelahan. Saat kamu selalu mengatakan “ya” ke orang lain, seterusnya sulit untukmu berani mengatakan tidak.

Mengatakan “tidak” adalah cara untuk menegaskan batasanmu sehingga orang memahami bahwa kamu butuh waktu sendiri. Latihlah ini dari sekarang!

Itu dia cara membuat ruang sendiri bagi introvert di tengah kehidupan sosial. Kamu harus membuat ruang ini sehingga bisa menghadapi waktu yang lebih penting dan lebih banyak lagi bersama orang lain di masa depan.

Kategori
Society

Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus TahuOversharing adalah sebuah situasi di mana konten yang kita bagikan di media sosial berpotensi mengganggu orang lain atau bahkan berdampak buruk pada diri sendiri.

Hanya saja, setiap orang punya pengertiannya masing-masing soal oversharing. Mungkin ada salah satu pengikut Instagram yang merasa terganggu dan menganggap kita terlalu banyak posting. Ada juga yang tidak. Sosial media diciptakan memang untuk saling bertukar kabar antar pengguna satu dengan lainnya.

Namun pada prakteknya banyak pengguna yang melakukan  oversharing. Tidak hanya menganggu dan menyebalkan bagi pengguna lain, perilaku oversharing ini memang tak sepantasnya dilakukan. Lalu apa saja, sih ciri Download Apk IDNPlay oversharing kehidupan di  sosial media?

1. Senang mengomentari setiap kejadian di sosial media
ezgif 5 715ee85e7d22 72978a582c1b6ddc0e3653d2c3b9fb04 - Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Tidak semua berita atau kabar yang muncul di internet perlu komentar kita, lho guys. Jangan setiap kali ada cuitan, kejadian bahkan sampai gosip artis butuh komentar kita. Sebaiknya jika ingin berkomentar pilih saja yang sesuai dengan kapasitas kita.

Boleh kok kamu membagikan opinimu akan sesuatu tapi jika dilakukan terlalu sering jatuhnya juga akan menganggu orang lain. Menjadi top komen di akun gosip bukanlah suatu prestasi yang harus dibanggakan, lho guys. Apalagi komentar berisi kebencian. Hati-hati di internet, ya.

2. Mengunggah sesuatu tanpa memikirkannya terlebih dahulu
ezgif 3 68101839c1d9 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e a79f42cc28445a5beb89e75273a18796 - Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Your social media is your rules. Kalimat tersebut memang benar adanya. Namun, perlu diingat juga bahwa tidak semua hal bisa kamu bagikan begitu saja. Ada hal-hal yang sebaiknya tidak pernah kamu unggah di sosial media seperti alamat rumah, nomor handphone, nama orang tua, dan sebagainya.

Jagalah baik-baik privasimu itu agar kamu aman dari bahaya stalker atau orang yang berniat jahat dengan memanfaatkan data pribadimu. Pikirkan dengan baik sebelum menggunggah sesuatu. Ubah mindset tidak semua hal yang terjadi di hidupmu dunia harus tau.

3. Menceritakan masalah hidup di sosial media
ezgif 3 ab7357ce5297 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e 2fdb3cbc013ed9b7b3dd87a615552be3 - Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Daripada mengunggahnya di sosial media kenapa tidak memilih untuk bercerita dengan orang lain yang di percaya. Di banding mengunggah story sedang marah-marah, galau, tengah terlibat konflik dan sebagainya kenapa tidak mencoba untuk menyelesaikannya lewat jalur pribadi.

Dengan kamu menceritakan masalah hidup yang tengah kamu alami di sosial media. Orang-orang jadi tahu apa yang menimpamu. Mulailah bijak menggunakan sosial media, ya guys.

4. Gemar mencari simpati
ezgif 1 40643a7ca882 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e 2549486db07121ef3bc53d495468bd4a - Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Mengunggah foto tengah di infus, memotret kapsul dan juga obat, mengunggah status bertuliskan ‘tumbang’ . Hal-hal seperti itu kerap kamu temui di sosial media bukan? Namun, meski niat awal hanya ingin berbagi, hal tersebut termasuk ke dalam salah satu ciri oversharing, lho.

Jika tak ingin di anggap si pencari muka lebih baik simpan saja untuk dirimu sendiri. Perbanyaklah istirahat dan minum obat. Simpati dari mereka juga tak sepenuhnya akan menyembuhkan penyakitmu bukan? Malah yang ada kamu hanya akan sibuk membalas ucapan dari mereka satu per satu.

5. Membagikan sreenshot chat
ezgif 3 4204aa44fda9 9cde86371d7fc78c91ae80a6ffab250e d32e5bc71092c6f21db2497856944aa2 - Ciri Oversharing Kehidupan Di Sosial Media yang Kamu Harus Tahu

Apa yang terjadi antara kamu dan orang yang tengah kamu aja ngobrol di ruang chat tak perlu kamu publikasikan, lho. Apalagi yang kamu bagikan berupa obrolan yang hanya kamu dan dia yang tahu. Meski orang lain punya hak untuk tidak melihat apa yang kamu bagikan.

Namun, demi kenyamanan dirimu sendiri memang sebaiknya tidak perlu membagikan screenshot chatmu dengan orang lain. Sesekali boleh jika menganggap hal tersebut lucu, berkesan atau bermakna tapi jika sedikit-sedikit di publikasikan itu namanya oversharing. Lain ceritanya jika yang kamu bagikan testimoni pelanggan online shop-mu, ya. Tentu kamu bisa membedakan hal itu.

Demikianlah, beberapa ciri kamu telah oversharing kehidupan di sosial media. Bukan bermaksud mengatur apa yang akan kamu bagikan hanya saja tak ada salahnya untuk mulai bijak dalam bersosial media, guys. Jangan bagikan segala hal tentang hidupmu di sosial media.

Kategori
Society

Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar

Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar

Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar – Sinetron (singkatan dari sinema elektronik) adalah istilah untuk program drama bersambung produksi Indonesia yang di siarkan oleh stasiun televisi di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, sinetron di sebut soap opera (opera sabun), sedangkan dalam bahasa Spanyol di sebut telenovela.

Menurut hasil wawancara dengan Teguh Karya yang merupakan salah satu sutradara terkenal Indonesia, istilah yang di gunakan secara luas di Indonesia ini pertama kali di cetuskan oleh Soemardjono, salah satu pendiri dan mantan pengajar Institut Kesenian Jakarta.

Menduduki ratting ke-3 setelah sinetron Ikatan Cinta dan Amanah Wali 4, Sinetron Love Story yang di bintangi artis senior seperti Uci Bing Slamet dan Anjasmara ini ternyata cukup memikat di hati pemirsa di rumah. Hingga tak jarang penonton di rumah yang penasaran bagaimana Aplikasi Open Card Asia keseruan para pemain sinetron ini saat di lokasi shooting.

1. Saat break shooting, para pemain muda kerap bersantai sambil bercanda tawa. Tak lupa ada camilan sederhana sebagai pelengkap keseruan mereka
fromandroid 3bef0d88668f6b4f4fafac4949ea613f - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
2. Para pemain wanita saat setting tempat berada di rumah sakit, mereka menyempatkan untuk berfoto bersama
fromandroid e85e4810420d793f875fe2967bbdb330 - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
3. Reza dan Mila lagi apa ya? Jangan-jangan sudah mulai saling jatuh cinta nih? Seru dong!
fromandroid 4aedd155d99948594c8933a64bfd297f - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
4. Tante Anita selaku mamanya Maudy, yang menetang keras hubungan putrinya dengan sosok Ken yang di perankan oleh Giorgino Abraham ini ternyata sangat akrab di kehidupan nyata
fromandroid f92a3e53aa7540ba273ce290ece185c9 - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
5.Saat menunggu giliran pengambilan gambar, wajah nampak lelah namun tetap semangat untuk memenuhi tugas
fromandroid f1d00057604629df881df32f0b45137a - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
6. Anjasmara dan Fathir yang saling bermusuhan dalam sinetron ini kerap adu otot demi mengedepankan ego masing-masing. Darahnya mirip sungguhan!
fromandroid 774f89056f7ff9cabde2537848903153 - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
7. Tante Anita dan Reza yang sedang duduk berdua dan terlihat akrab. Pantas saja, keduanya nampak terlihat cocok saat berperan sebagai tante dan keponakan
fromandroid e761c4f970269507714815d2cf5f203f - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
8. Apakah upaya perjodohan Rama dan Maudy akan sukses dan berjalan lancar? Kita tak tahu, ikuti saja alur ceritanya
fromandroid 95c8f0903348c12970436b041462ccf8 - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar
9. Potret keakraban pemain sinetron Love Story benar-benar tak di ragukan lagi. Apabila ada adegan bertengkar dan marah-marah itu hanya sebagai bentuk profesionalisme kerja semata
fromandroid 5fd313e9c2a8fee63d2c8ebc86015b12 - Potret Keakraban Pemain Sinetron Love Story di Balik Layar

Terlihat hangat dan kompak, layaknya keluarga yang memiliki hubungan darah.

Kategori
Society

Petani India Masih Protes & Pemerintah Batasi Media Sosial

Petani India Masih Protes & Pemerintah Batasi Media Sosial

Petani India Masih Protes & Pemerintah Batasi Media Sosial – mbisi India mempercepat transformasi ekonomi terhalang sektor pertanian yang tidak efisien dan berdaya saing rendah. Sebagai solusinya pemerintah membuka keran komersialisasi, dan sebabnya mendulang amarah petani. Sejak November 2020, para petani menginap di luar kota New Delhi.

Pada Selasa (26/1/2021), ribuan petani India menerobos blokade kepolisian dan berjalan ke pusat kota dengan traktor dan lautan massa, ketika seisi negeri sedang merayakan Hari Republik untuk mengenang pengesahan Aplikasi Open Card Asia konstitusi India pasca-penjajahan Inggris. Petani India masih melakukan protes terhadap pemerintahan pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi. Mereka masih menuntut pencabutan total undang-undang pertanian yang di anggap sangat merugikan petani.

Namun, meski belasan kali pertemuan di lakukan antara pemerintah dan petani untuk mencari solusi, sejauh ini hasilnya buntu. Pada akhir Januari lalu, petani terlibat bentrok keras dengan para petugas keamanan di India, setelah petani memasuki New Delhi dengan puluhan ribu traktor untuk demonstrasi. Konflik tersebut berkembang ke ranah media digital, di mana akun-akun Twitter aktivis, penyiar berita, dan tokoh, telah di tangguhkan. Beberapa aktivis menganggap bahwa itu tindakan penyensoran pemerintah India.

1. Sekitar 250 akun ditangguhkan
1608691852175 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 140957ec3a9373ea292a4e65e185ec00 - Petani India Masih Protes & Pemerintah Batasi Media Sosial

Usai bentrokan antara petani dan petugas keamanan anti huru-hara pada 26 Januari menyebabkan seorang petani tewas, para petani India masih mengancam akan melakukan demonstrasi dengan tuntutan yang sama. Perlawanan para petani dalam protes sejauh ini belum mereda.

Namun pemerintah India juga semakin bertindak represif. Pada hari Senin (1/2), ratusan akun Twitter milik para aktivis, aktor, tokoh dan bahkan salah satu majalah terkemuka di India, di tangguhkan. Jumlah akun Twitter yang di tangguhkan sekitar 250 akun.

Melansir dari laman The Guardian, seorang pejabat pemerintah India mengatakan “perintah itu di keluarkan untuk akun yang menggunakan tagar #modiplanningfarmergenocide yang di mulai pada tanggal 30 Januari”.

Diantara akun-akun yang diblokir adalah situs berita investigasi The Caravan India, komentator politik Sanjukta Basu, aktivis Hansraj Meena, aktor Susant Singh, serta kepala penyiar berita yang di kelola oleh negara Prasar Bharti.

2. Akun ditangguhkan selama 12 jam lebih
1612423007935 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 4aaee202a3f679622584fc653b62d56d - Petani India Masih Protes & Pemerintah Batasi Media Sosial

Pemblokiran yang di lakukan oleh Twitter rupanya adalah atas permintaan pemerintah India. Hal itu di ungkap oleh sumber yang di dapatkan oleh kantor berita Reuters. Dan mereka yang di blokir di anggap telah melakukan unggahan yang menghasut kekerasan.

Undang-undang teknologi informasi India sendiri memiliki aturan. Sebagai upaya melakukan pemblokiran konten daring yang dianggap mengganggu ketertiban umum berdasarkan pasal 69 (A) UU IT negara tersebut.

“Penghasutan genosida adalah pelanggaran publik dan ancaman besar bagi ketertiban umum.” kata pejabat yang tidak mau di sebutkan namanya karena dia tidak berwenang membahas masalah itu secara terbuka.

Penangguhan ratusan akun yang di lakukan oleh Twitter karena permintaan pemerintah India tersebut di lakukan selama lebih dari 12 jam. Twitter beralasan bahwa “penangguhan akun dan konten adalah hal yang rutin. Alasannya, “banyak negara memiliki undang-undang yang mungkin berlaku untuk tweet dan konten akun Twitter”.

3. Mencekik kebebasan berbicara

Keputusan pemblokiran ratusan akun Twitter tersebut akhirnya mendapatkan tanggapan keras. Twitter telah di tuding mencekik kebebasan berbicara dan tidak sesuai dengan slogan. Yang sering di sematkan pada platform tersebut sebagai platform kebebasan berekspresi.

Prashant Bhushan, seorang pengacara dan aktivis mengatakan “Jika Twitter tunduk pada pemerintah. Bagaimana ia bisa menyebut dirinya sebagai platform independen untu FOE (kebebasan berekspresi).” jelasnya seperti di kutip dari Hindustan Times.

Juru bicara ketua Kongres, Randeep Singh Surjawela bahkan melontarkan kritik. “Setelah Facebook, tampaknya pemerintah Modi telah menguasai Twitter India. Upaya pintu belakang ini untuk memblokir suara mereka. Yang berbicara atas kebebasan berbicara dan hak-hak petani.” Tindakan pemblokiran akun Twitter tersebut juga membuar Surjawela menuduh rezim Modi sebagai fasis.

Akun-akun tersebut kemudian di pulihkan sekitar pukul 9 malam pada hari Senin. Namun hujatan dan kritikan keras serta tajam di lontarkan oleh para aktivis hak-hak sipil serta barisan oposisi. Pemerintahan Narendra Modi karena telah berlaku sewenang-wenang membatasi kebebasan berpendapat.